Rabu, 09 November 2011

Poster Ayo Cuci Tangan


Tangan merupakan tempat berkumpul kuman yang paling banyak, karena tangan digunakan untuk menyentuh dan memegang banyak benda. Karena itulah, menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu langkah paling penting untuk mengurangi penyebaran virus, bakteri, dan parasit berbahaya. Sayangnya, masih banyak orang malas melakukannya. Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda, simak 10 fakta berikut ini!

1. Jutaan Kuman di Tangan

Menurut situs Hand Hygiene Europe, manusia memiliki sekitar 2 hingga 10 juta bakteri di antara ujung jari dan siku.
Tangan basah menyebarkan kuman 1.000 kali lebih banyak daripada tangan kering.
Jumlah kuman pada ujung jari bertambah dua kali lipat setelah Anda menggunakan toilet.
Kuman dapat bertahan hidup di tangan Anda sampai tiga jam.
Jutaan kuman bersembunyi di balik aksesori yang Anda kenakan, misalnya di bawah jam tangan, gelang, atau cincin.

2. Putus Rantai Penularan

Departemen Kesehatan Rhode Island, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebersihan tangan yang tidak memadai menyebabkan terjadinya 1 dari 4 kasus kesehatan yang ditularkan melalui makanan. Hal ini karena pengolahan bahan makanan yang tidak higienis, sehingga terjadi penyebaran wabah penyakit oleh bakteri salmonela.

Mengutip data WHO, perilaku mencuci tangan memakai sabun mampu mengurangi angka kasus diare hingga 45%. Selain itu, kebiasaan sehat ini dapat pula mencegah penyebaran penyakit cacingan, serta menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut dan flu burung hingga 50%. Penyakit mata dan infeksi kulit   juga dapat dicegah.

3. Penting Pakai Sabun

Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, karena lemak dan kotoran masih menempel di tangan. Sabun akan membawa serta semua kotoran dan lemak yang lengket dan kerap sulit dihilangkan menggunakan air saja. Sabun juga akan membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan. Artinya, akan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan kuman, seperti radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan, dan tifus.

4. Bantuan Zat Aktif

Supaya lebih ampuh, produsen sabun biasanya menambahkan bahan aktif yang bersifat antibakteri. Triclosan adalah bahan kimia yang paling sering digunakan dalam sabun antibakteri. Namun, kini banyak produk menggunakan bahan alami karena keunggulan tersendiri. Salah satunya, bahan antibakteri alami nectarol. Kelebihan produk alami, selain efektif membunuh kuman juga umumnya lebih sedikit memiliki efek samping, seperti iritasi. Sebaliknya, dapat menjaga kulit agar lembut dan lembap.

5. Saat Cuci yang Tepat

Waktu yang tepat juga memengaruhi efektivitas perlindungan. Kapan saat-saat krusial Anda perlu mencuci tangan?

Sebelum dan sesudah membuat makanan atau camilan.
Setelah menggunakan toilet, cucilah tangan dengan sabun karena toilet merupakan sarang kuman.
Ketika Anda hendak mengobati luka terbuka dan setelah mengobati luka tersebut, agar kuman atau bakteri pada luka tidak menular pada Anda.
Setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung Anda. Kuman dan kotoran yang mungkin keluar dapat kembali masuk akibat dari tangan Anda yang tidak bersih.
Setelah membersihkan sampah atau memegang banyak benda kotor dan bau, seperti sehabis mengganti popok bayi, atau menyentuh daging mentah dan unggas.

Sumber : http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/jangan.malas.membersihkan.tangan/005/005/366

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More